Thursday, September 24, 2009

Saya, di Hari Itu

Hari itu, tanggal 13 September

Ada kegiatan Baksosnya temen-temen KHI. Niatnya sih cuma dateng dan ikut membantu, yahh siapa tau temen-temen yang lain pada kecapekan setelah acara "Menelusuri Kampung Arab, Pekojan" di tanggal 12 September. Jadi deh gue dateng sebagai volunteer sama Yana dan Ambar. Kita ketemuan di Musium Bank Mandiri jam 14.30. Acara dimulai jam 15.00, anak-anak dari sekitar kawasan kota udah rameeee banget menuuhin aula. Mereka ditemani sama orangtuanya. Mba Indah lagi asik ngajakin mereka ngobrol dan main games, sementara kita masih bingung mau bantu apa :)

Anak-anak KHI yang nongol cuma ada sedikit, nggak sebanding dengan pesertanya dan kelihatan mereka semua lelah setelah acara kemarin dan sahur on the road semalam. Tiba-tiba kita bertiga dipanggil Kang Asep dan diminta untuk bantu meng-guide adik-adik ini.. wah?! dadakan!? Nggak siap materi nihh, hoho..tapi nggak apa-apalah daripada mubazir dan nggak bantu apa-apa. Lagian yang dijelasin nggak akan terlalu banyak koq, tripnya cuma dari MBM, MBI (halamannya doang) trus nyebrang ke Escompto Bank, Museum Wayang (halamannya) dan berakhir di Taman Fatahillah lalu balik lagi deh ke MBM.

Adik-adik ini dibagi jadi 5 kelompok, guidenya ada gue, Ambar, Allan, Yana,...*1 lagi gue lupa namanya siapa tuh anak KHI. Gue didampingin sama co-guide yaitu temen-temen dari Yayasan sosial yang concern sama pendidikan anak jalanan (asli gue lupa nama Yayasannya apa). Temen-temen co-guide ini membantu gue menertibkan adik-adik untuk menyebrang jalan. Kelompok gue namanya 'Kuning', ada 13 adik-adik kecil yang usianya 5-10 tahun.

Gue sempet baca sedikit dan mengingat-ingat secara kilat sejarah tempat-tempat yang nanti akan dilewati. Walaupun Kang Asep bilang.."santai aja bahannya, mereka masih SD jadi materinya gak usah yang berat-berat" tetep aja materi enteng rasanya blank saat itu. 5 menit kenalan sama adik-adik ini dan mulai ngobrol, gue mulai relax dan [sok] asik.

Intinya, Alhamdulillah lancar dan bisa mbantuin KHI, nggak rugi lah dateng karena sudah berbagi banyak hal sama adik-adik dan teman-teman yang hebat itu. Guide dan bacot gue selama nge-guide mereka dibaca aja di http://langkahgita.multiply.com yaa.. disini mah cuma pengen nyeritain senengnya udah dikasih kesempatan berbagi sama Allah S.W.T


Saya[semoga] bukan sedang mengibuli mereka tentang Oud Batavia dan VOC
"Insya Allah puasa hari ini membawa berkah..amien"


Kelompok Kuning berfoto sama Kak Gita, Keithy, dan Arie
"Jangan bosan belajar sejarah ya adik-adikku..."


Kak Keithy makasih ya udah jadi co-guide saya dan menertibkan adik-adik ini
Sungguh, kamu seharusnya jadi P0lantas :)



Bareng temen-temen inspiratif ini, belajar sejarah jadi 'nagih'

Terima kasih KHI :)
Terima kasih temen-temen volunteer dan co-guide
Terima kasih para donatur dan dermawan yang berhati mulia
Terima kasih adik-adik untuk semangat dan asanya
Terima kasih Ya Allah, untuk hari yang istimewa di Bulan Ramadhan ini

0 komentar: